Tunggu, sedang memuat. . .

Sistem Keamanan Rendah, Gmail Mudah Untuk Dibobol ?

Siapa yang tidak kenal dengan layanan berbagi email besutan Google bernama Gmail ? Gmail sendiri telah mampu menghipnotis sebanyak ratusan juta orang diseluruh dunia. Kehadirannya dimanfaatkan oleh penggunanya untuk menjadi media dalam mengirim email, karena dinilai sebagai cara mudah dan aman dalam mengirim data. Sayangnya, layanan pengirim email yang telah menjadi aplikasi dengan jumlah pengguna sangat banyak ini memiliki tingakt keamanan yang cukup rendah.
Pasalnya, sistem keamanan dari Gmail yang dimanfaatkan penggunanya untuk mengirim data melalui email mudah untuk dibobol dan ditembus. Hal ini seperti dijelaskan oleh para peneliti dari Universitas California Riverside Bourns, dimana dalam penelitian yang dilakukannya telah menemukan kelemahan pada tigkat kemanan dari Gmail.

add
Tidak hanya meneliti Gmail dari lintas platform Android saja, namun juga sistem operasi lintas platform iOS, serta Windows Phone. Sayangnya, untuk saat ini para peneliti Universitas California Riverside Bourns hanya menemukan celah pada platform berbasis Android. Dikutip dari Cnet, sabtu ( 23/8/2014 ).
Seperti diungkapkan oleh Profesor Zhiyun Qian bahwa untuk meretas operating system Android, tim hacker membuat aplikasi yang telah dipenuhi oleh virus. Dan yang sangat disesalkan ketika pengguna mengunduh aplikasi dengan virus tersebut, maka peneliti dapat memantau semua sistem serta memory statistic. Memory Statistic sendiri dapat digunakan untuk mengakses Gmail atau aplikasi banking.
Seperti dikutip dari Cnet, sabtu ( 23/8/2014 ) untuk mampu meretas aplikasi seperti halnya Gmail, syaratnya adalah peretasan harus dilakukan pada saat yang bersamaan dengan pengguna ketika sedang mengakses Gmail. Selain itu, hacker harus berusaha agar aktivitas yang dilakukan mampu diketahui oleh para pemilik akun.
Agar tidak mudah untuk diretas oleh pihak tak bertanggung jawab, Profesor Qian memberikan saran agar tidak mudah untuk menginstal aplikasi yang sulit dipercaya.

  • kelemahan gmail yang mudah dibobol
  • sistem keamanan yang tak mudah di tembus
Sistem Keamanan Rendah, Gmail Mudah Untuk Dibobol ? | Anzis Fajriyanto | 4.5

error: Content is protected !!