Tunggu, sedang memuat. . .

Ponsel Advan Akan Dirakit Di Candi, Semarang

dddddddKali ini langkah yang dipilih pihak Advan perlu mendapat apresiasi. Sebab keinginannya untuk memproduksi ponsel pintar dan tablet secara mandiri mungkin akan terealisasi pada 2016 mendatang. Tentunya, hal ini sangat baik guna untuk menekan jumlah impor.

Bahkan yang lebih menarik lagi pihak Advan telah mempunyai pabrik dengan luas 3.000 m2 sejak tahun 2010 lalu. Pabrik ini berlokasi di Candi, Semarang. Seperti dungkapkan oleh Marketing Director Advan, Tjandra Lianto bahwa pabrik dengan luas 3.000 m2 ini akan dimanfaatkan untuk memproduksi secara keseluruhan, bukan hanya sekedar perakitan saja.

Akan tetapi, untuk transfer alih teknologi, Advan masih mendatangkan tenaga ahli dari China, dan Shenzen. Tenaga ahli ini didatangkan guna untuk bisa memproduksi tablet dan smartphone sendiri.

Sejatinya, pada awal pembangunan pabrik yang berada di kawasan Candi, Semarang ini memilikiinvestasi senilai Rp 1 trilliun. Tentunya, investasi ini tidak tetap nilainya, namun pada tahun ini ( 2014 ) akan ditambah Rp 100 milliar yang digunakan untuk pengembangan pabrik serta juga membeli mesin yang berfungsi untuk memproduksi ponsel.

Dipilihnya, jalan untuk mmeproduksi smartphone dan tablet sendiri ini, dilakukan guna untuk menekan biaya produksi secara total, sehingga diproyeksikan dapat ditekan hingga 15 % hingga 20 %.

Advan sendiri sudah bisa dikatakan sebagai produk lokal yang memperoleh kesuksesan. Pasalnya, Advan telah mampu memproduksi 30 ribu unit komputer untuk setiap bulannya, smartphone  25 ribu unit dan tablet juga sebanyak 25 ribu unit.

Akan tetapi, walaupun telah mampu memproduksi cukup banyak produk, akan tetapi pencapaian ini masih belum sesuai dengan target, sebab tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Seperti diungkapkan oleh Tjandra bahwasanya hingga tahun 2014 pihaknya menargetkan 5 juta unit tablet dari 40 tipe produk.

Ia juga mengungkapkan jika saat ini Advan masih assembaly saja dan masih memperoleh komponen secara impor.

” Kami baru bisa assembly saja. Tingkat kandungan lokalny atau TKDN baru 10 % seperti kardus dan casing. Sisanya impor karena ada 6.000 komponen lebih dalam satu device. Jika di Indonesia sudah ada yang bisa menyediakan komponen bagus, kami maunya pakai lokal supaya bisa penuhi TKDN sampai 40 % di 2016,” ujarnya.

 

Baca ulasan terbaru kami : Harga Oppo Find Clover

  • nama pabrik advan di semarang
  • pabrik advan di kawasan candi semarang
Ponsel Advan Akan Dirakit Di Candi, Semarang | Anzis Fajriyanto | 4.5
Loading...
error: Content is protected !!